Connect with us

Leadership

Tips Terbaik Melamar Pekerjaan

Published

on

Tips terbaik melamar pekerjaan
Tips terbaik melamar pekerjaan

Melamar pekerjaan adalah proses yang seringkali menegangkan bagi banyak orang. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan ada banyak kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi dalam prosesnya, Anda mungkin membutuhkan beberapa tips terbaik melamar pekerjaan untuk melakukannya.

Berikut 10 tips terbaik melamar pekerjaan

Yang mungkin bisa membantu Anda, dalam mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

  1. Buat CV dan Surat Lamaran yang Menarik

Tips terbaik melamar pekerjaan yang pertama, pastikan bahwa CV dan surat lamaran Anda menarik. CV dan surat lamaran adalah representasi pertama Anda kepada perusahaan yang ingin Anda lamar, sehingga sangat penting untuk membuatnya semenarik mungkin. Pastikan bahwa CV Anda mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dan skill yang Anda miliki. Di sisi lain, dalam surat lamaran, jelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana Anda bisa memberikan kontribusi.

  1. Teliti Profil Perusahaan

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, cobalah lakukan riset kecil terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan Anda lamar nanti. Pelajari misi dan visi perusahaan itu, produk atau jasa yang mereka tawarkan, kebijakan serta budaya dan etos kerja mereka. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengarahkan jawaban Anda saat wawancara kerja nanti, sehingga diharapkan ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang perusahaan.

  1. Siapkan Pertanyaan yang Akan Diajukan

Saat wawancara kerja dimulai, pasti akan ada saat dimana Anda akan diminta untuk mengajukan pertanyaan. Sebelumnya, siapkan pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda telah meneliti perusahaan dan benar-benar tertarik dengan posisi yang dilamar. Pertanyaan yang menunjukkan ketertarikan dan keprihatinan Anda tentang perusahaan, akan memperlihatkan kepada pewawancara bahwa Anda benar-benar berminat, bersemangat, dan ingin bergabung dengan perusahaan tersebut.

  1. Perhatikan Dress Code yang Sesuai

Penampilan does matter!. Penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan dress code apa yang sesuai saat Anda menghadiri wawancara kerja. Pastikan Anda memakai pakaian yang rapi dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Tampilan yang profesional dapat membantu meningkatkan kesan positif pada diri Anda.

  1. Jangan Terlambat

Jangan pernah terlambat saat datang ke wawancara kerja. Pastikan Anda sudah tiba di lokasi wawancara 10-15 menit sebelumnya, untuk memberikan kesan yang baik pada pewawancara. Jangan lupa untuk memperhitungkan kemacetan dan jarak tempuh yang ditempuh menuju ke lokasi wawancara.

  1. Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Baik

Bahasa tubuh dapat memengaruhi kesan yang diberikan pada pewawancara. Tunjukkan bahasa tubuh yang baik dengan berjabat tangan, menjaga kontak mata, dan menjaga postur tubuh yang tegap. Bahasa tubuh yang positif menunjukkan kepercayaan diri dan kesiapan Anda dalam menghadapi wawancara kerja.

  1. Berbicara dengan Lancar dan Jelas

Saat berbicara dengan pewawancara, pastikan Anda berbicara dengan lancar dan jelas. Gunakan kata-kata yang tepat dan hindari penggunaan bahasa slang yang tidak sesuai. Hindari juga menggunakan kata-kata yang negatif atau merendahkan diri sendiri. Berbicaralah dengan percaya diri dan jangan takut untuk menunjukkan keahlian atau kelebihan yang dimiliki.

  1. Tampilkan Kemampuan yang Dimiliki

Selama wawancara kerja, tunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Buktikan bahwa Anda dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan. Berikan contoh konkrit tentang bagaimana Anda telah menyelesaikan suatu masalah atau mencapai target di pekerjaan sebelumnya. Tampilkan kemampuan Anda dengan tepat namun tidak perlu berlebihan.

  1. Jangan Takut untuk Bertanya

Jangan takut untuk bertanya saat menghadiri wawancara kerja. Tanyakan beberapa hal umum tentang perusahaan, posisi yang dilamar, dan apa yang diharapkan dari kandidat yang lolos. Bertanya menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan tertarik pada posisi yang dilamar.

  1. Follow Up Setelah Wawancara

Tips terbaik melamar pekerjaan yang terakhir, Setelah wawancara kerja selesai, jangan lupa untuk mengirimkan email follow up kepada pewawancara. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan sampaikan lagi bahwa Anda benar-benar tertarik dengan posisi tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesan positif pada diri Anda dan menunjukkan bahwa Anda bersemangat dan siap untuk bekerja.

 

Demikian 10 Tips Terbaik Saat Ingin Melamar Pekerjaan, versi Modusvator.com

Melamar pekerjaan biasanya memang menjadi proses yang menegangkan, tetapi dengan persiapan yang baik, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap detail dan menunjukkan kepercayaan diri yang cukup selama wawancara kerja.

Dengan mempertimbangkan 10 tips terbaik melamar pekerjaan di atas, Anda akan siap untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan dan memperoleh kesuksesan yang diharapkan.

Jika nanti Anda sudah diterima bekerja, pastikan Anda memberikan yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan ya.

Lalu bagaimana jika nanti Anda sudah diterima bekerja, dan bingung dengan apa yang harus Anda lakukan kemudian?

Anda bisa klik Link ini, untuk melihat artikel “Bagaimana memulai kerja di hari pertama

 

Tips Terbaik Melamar Pekerjaan

Tips Terbaik Melamar Pekerjaan

 

Link Relevan

 

10 Cara Menjadi Pembicara Sukses Di Depan Umum

10 Tips Agar Hidup Kita Lebih Produktif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella 10rb cocok utk reseller

Sandal Kapal Api Cuma 7rb

Sandal Kapal Api

Sandal Kapal Api 7rb-an cocok utk reseller