Connect with us

Entrepreneurs

15 Tips Memulai Bisnis Saat Masih Bekerja

Published

on

memulai bisnis saat masih bekerja

Memulai bisnis saat masih bekerja, adalah sebuah tantangan yang sangat menarik, tetapi di sisi lain ini juga membutuhkan strategi dan perencanaan yang matang.

Keputusan yang besar tentu akan diiringi dengan tanggung jawab yang lebih besar, Anda tidak hanya dituntut untuk lebih fokus dan disiplin, melainkan juga harus mampu menyeimbangkan banyak hal dalam melakukannya.

Berikut 15 tips untuk memulai bisnis saat masih bekerja di tempat lain:

  1. Tentukan jenis bisnis yang ingin Anda jalankan.

    Pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, serta memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

  2. Buat rencana bisnis yang komprehensif.

    Rencana ini harus mencakup analisis pasar, strategi pemasaran, target pasar, struktur organisasi, dan proyeksi keuangan. Penting sekali untuk diingat, Anda harus benar-benar memperhatikan semua aspek ini sebelum benar-benar memulai usaha yang Anda impikan ini.

  3. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

    Pastikan Anda memiliki cukup waktu dan energi untuk menjalankan bisnis secara paruh waktu tanpa mengorbankan pekerjaan utama Anda, perhatikan baik-baik sebelum menetapkan kapan timing yang tepat bagi Anda untuk memulai usaha Anda itu.

  4. Pilih bisnis yang dapat dijalankan secara fleksibel.

    Bisnis online, misalnya, dapat dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Tidak semua bisnis membutuhkan toko atau kantor secara offline, bisnis online salah satunya.

    Memulai bisnis online berguna bagi Anda yang belum memiliki jam terbang cukup di dunia usaha, dengan menjalankan bisnis online Anda akan belajar banyak hal dalam segi marketing, strategi pasar dan proyeksi keuangan.

  5. Siapkan dana awal yang cukup.

    Memulai bisnis memerlukan modal yang cukup besar, sehingga pastikan Anda memiliki cukup dana untuk memulai.

    Jangan pernah memulai bisnis Anda hanya bermodal dengkul atau ala kadarnya, terutama jika Anda sebenarnya belum benar-benar menguasai bidang yang Anda impikan ini.

    Pastikan Anda sudah memahami alur proyeksi keuangan usaha, agar Anda bisa memahami betapa pentingnya memiliki modal yang cukup.

  6. Buat jadwal yang teratur dan disiplin.

    Pastikan Anda dapat membagi waktu dengan baik antara pekerjaan utama dan bisnis, dan tidak mengorbankan kinerja di tempat kerja utama.

    Kacaunya manajemen pembagian waktu antara pekerjaan dengan bisnis yang Anda jalankan, berpotensi membuat Anda justru kehilangan keduanya, jadi atur jadwal secara baik sebelum memulai ini.

  7. Dapatkan bantuan dari orang lain.

    Jika perlu, cari bantuan dari keluarga atau teman untuk membantu mengelola bisnis. Anda mungkin akan kesulitan jika benar-benar menjalankan ini sendirian, bantuan keluarga atau teman tentu akan sangat berguna dalam beberapa hal.

  8. Lakukan evaluasi secara berkala.

    Evaluasi bisnis secara berkala untuk mengetahui apakah bisnis tersebut menguntungkan dan apakah Anda harus terus melanjutkan bisnis tersebut atau tidak.

    Evaluasi bisnis sangat penting untuk dijalankan karena ini akan menjadi tolok ukur bagi Anda, apakah bisnis ini bisa diteruskan, ditunda, atau bahkan buruknya mungkin sebaiknya dihentikan saja.

  9. Jangan melanggar aturan perusahaan.

    Pastikan Anda tidak melanggar aturan perusahaan dengan memulai bisnis yang bertentangan dengan perusahaan atau memanfaatkan sumber daya perusahaan untuk kepentingan bisnis Anda.

  10. Bangun jaringan dan hubungan yang baik.

    Jaringan dan hubungan yang baik sangat penting dalam memulai bisnis. Cobalah untuk terlibat dalam komunitas yang sejenis dengan bisnis yang Anda jalankan, seperti forum online atau acara networking.

  11. Pilih partner atau tim yang tepat.

    Jika membutuhkan bantuan untuk mengelola bisnis, pastikan untuk memilih partner atau tim yang tepat yang memiliki keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk membantu mengembangkan bisnis.

  12. Carilah mentor yang tepat.

    Ada baiknya Anda mencari seorang mentor untuk membimbing Anda agar Anda memiliki panduan dalam menjalaninya

    Anda bisa menghubungi modusvator.com mengenai hal ini, kami memiliki komunitas entrepreneur yang berguna bagi Anda dalam mengembangkan jaringan.

  13. Terus belajar dan berkembang.

    Bisnis yang sukses memerlukan pembaruan dan inovasi terus-menerus secara berkelanjutan.

    Teruslah belajar dan berkembang untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda, agar jaringan bisnis Anda bisa terus meluas dan mengembang.

  14. Pertimbangkan mengambil cuti atau resign dari pekerjaan utama.

    Jika bisnis Anda sudah semakin maju dan berkembang dan memerlukan lebih banyak waktu untuk fokus, pertimbangkan mengambil cuti panjang di perusahaan.

    Ata bahkan ini mungkin waktu yang tepat untuk mempertimbangkan resign dari pekerjaan utama, untuk fokus sepenuhnya pada bisnis.

  15. Jangan pernah menyerah.

    Memulai bisnis bisa menjadi perjalanan yang panjang dan berliku-liku. Jangan menyerah jika mengalami kegagalan atau kesulitan, tetaplah optimis pada tujuan.

    Tidak ada yang mudah di dunia ini, semua pasti melewati proses panjang sebelum tiba di kesuksesan yang sesungguhnya.

 

Demikian 15 Tips memulai bisnis saat masih bekerja, versi Modusvator.com

 

memulai bisnis saat masih bekerja

memulai bisnis saat masih bekerja

 

Ingatlah bahwa memulai bisnis saat masih bekerja di tempat lain, tentu memerlukan komitmen, integritas dan tentunya kerja keras.

Tetapi keputusan besar seperti ini, sesungguhnya adalah pencapaian yang sangat besar pada hidup Anda ke depannya.

 

10 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

 

Bagaimana Memulai Sebuah Startup

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella 10rb cocok utk reseller

Sandal Kapal Api Cuma 7rb

Sandal Kapal Api

Sandal Kapal Api 7rb-an cocok utk reseller