Connect with us

Entrepreneurs

Cara Memulai Usaha Coffee Shop

Published

on

Cara Memulai Usaha Coffee Shop

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka nongkrong di kafe, ngopi-ngopi sambil ngobrol, atau bahkan suka eksperimen resep kopi sendiri, mungkin pikiran kamu udah kepikiran buat punya usaha coffee shop sendiri. Ngomong-ngomong, ngebangun bisnis kafe nggak semudah nyeduh kopi instan, tapi dengan sedikit ketekunan dan pengetahuan yang tepat, kamu bisa memulai perjalanan kamu dalam industri kopi yang seru ini. Nah, kali ini saya bakal ngasih tau kamu cara memulai usaha coffee shop ala anak muda yang kekinian abis!

1. Riset Pasar yang Cerdas

Sebelum kamu mulai ngebayangin gimana desain interior kafe kamu atau resep kopi spesial yang bakal kamu tawarkan, yang paling pertama dan penting sebenarnya adalah riset pasar. Apa aja sih kafe yang lagi trend di sekitar kamu? Apa yang mereka tawarkan? Siapa target pasar mereka? Kamu harus ngerti betul apa yang diinginkan oleh pelanggan potensial kamu sebelum kamu mulai ngebangun kafe kamu sendiri.

2. Tentukan Konsep yang Unik

Jangan cuma bikin kafe yang biasa-biasa aja! Bikin konsep kafe yang beda dari yang lain. Misalnya, kamu bisa bikin kafe dengan tema alam, atau kafe yang punya ruang coworking space di dalamnya. Pilihlah sesuatu yang bisa menarik perhatian dan membuat pelanggan kamu pengen datang lagi dan lagi.

3. Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah kunci sukses dalam bisnis kafe. Pilihlah lokasi yang strategis, di mana banyak orang lewat atau berada di sekitar area tersebut. Misalnya dekat kampus, perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Ingat, semakin mudah aksesnya, luas lahan parkirnya, dan aman dari segala gangguan, maka semakin besar peluang kafe kamu dikenal banyak orang.

4. Bangun Brand yang Kuat

Biar kamu punya ciri khas yang bikin orang inget sama kafe kamu, bangunlah brand yang kuat. Mulai dari nama kafe, logo, hingga desain interior harus konsisten dan mencerminkan konsep kafe kamu. Jangan lupa juga buat presence kamu di media sosial biar makin banyak orang yang tau tentang kafe kamu.

5. Pelajari Seni Memanggang

Ngomong-ngomong soal kafe, nggak bisa dipungkiri kalo kopi dan kue adalah pasangan yang serasi banget. Belajarlah tentang seni memanggang kue-kue yang enak dan unik. Siapa tahu kamu bisa jadi tempat favorit buat ngemil di tengah sibuknya kota.

6. Bangun Tim yang Solid

Bisnis kafe nggak bisa kamu jalani sendirian. Kamu butuh tim yang solid dan bisa diandalkan. Pastikan tim kamu punya semangat yang sama dengan kamu untuk membuat kafe ini sukses. Dan jangan lupa, perlakukan tim kamu seperti keluarga.

7. Ciptakan Menu yang Menggoda

Kafe tanpa menu yang menggoda itu kayak langit tanpa bintang. Buatlah coffee signature yang unik dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk menyediakan variasi minuman non-kopi untuk pelanggan yang nggak terlalu doyan kafein.

8. Prioritaskan Pelayanan yang Ramah

Pelanggan senang, hati pun senang. Ingatlah untuk selalu memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada setiap pelanggan. Mereka bukan cuma datang untuk minum kopi, tapi juga untuk merasakan pengalaman yang menyenangkan di kafe kamu.

9. Berikan Promo dan Diskon Menarik

Siapa sih yang nggak suka promo dan diskon? Berikanlah promo-promo menarik untuk menarik perhatian pelanggan baru dan membuat pelanggan lama kamu tetap setia. Misalnya, diskon untuk mahasiswa setiap hari Kamis, atau promo buy 1 get 1 untuk menu-menu tertentu.

10. Kembangkan Kafe kamu Secara Berkelanjutan

Setelah kafe kamu berjalan, jangan berhenti di situ saja. Teruslah mengembangkan kafe kamu dengan menambahkan menu-menu baru, mengadakan event-event menarik, atau bahkan membuka cabang baru di lokasi lain. Ingat, dunia bisnis itu dinamis, kamu harus selalu siap untuk beradaptasi dan berkembang.

 

Jika kamu butuh resep coffee profesional untuk cafemu, 100 resep coffee profesional dari Otten Cofffe ini, mungkin bisa membantu langkah awalmu!

Download 100 Resep coffee profesional Otten Coffee di sini.

 

Masih kurang?

Jika kamu membutuhkan jasa profesional untuk membuat proposal usaha coffee shop, lengkap dengan perhitungan estimasi aset, proyeksi laba rugi, amortisasi aset, perhitungan bagi hasil dengan investor, silahkan tulis komentarmu di bawah artikel ini dan sertakan email atau nomor whatsapp agar kami bisa menghubungimu kembali.

Mitra kami dari Javanasta Coffee, akan membantumu membuka usaha coffee shop skala kecil dengan modal awal mulai  dari 50 juta rupiah saja.

 

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, sebagai langkah awal cara memulai usaha coffee shop ala anak muda. Gimana,  sudah mulai yakin untuk membuka usaha coffee shop ini?

Ingat, nggak ada yang instan loh dalam meraih kesuksesan. Butuh waktu, kerja keras, dan juga sedikit keberuntungan. Jadi, jangan ragu buat mulai mewujudkan mimpi kamu punya kafe sendiri. Siapa tau, kafe kamu bakal jadi tempat favorit buat banyak orang.

Tetap semangat ya!

 

Haruskah Saya Resign Sekarang?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella Cuma 10rb

Jilbab Bella 10rb cocok utk reseller

Sandal Kapal Api Cuma 7rb

Sandal Kapal Api

Sandal Kapal Api 7rb-an cocok utk reseller